Kawasan Karst Bantimurung, The Spectacular Tower Karst

Advertisement
advertisement
Salah satu kawasan wisata yang cukup diminati wisatawan di Sulawesi Selatan adalah Taman Nasional Bantimurung. Di dalam taman seluas kurang lebih 437 km persegi ini, ekosistemnya terbagi menjadi tiga, yakni ekosistem hutan pegunungan, ekosistem hutan dataran tinggi, dan karst. Pegunungan karst di taman Nasional Bantimurung merupakan kawasan karst terluas di dunia setelah Cina. Di sini anda akan disuguhkan panorama indah hasil pahatan alam yang menjadikan kawasan pegunungan karst Bantimurung ini dijuluki “Spectacular Tower Karst”.

karst bantimurung maros, karst maros pankep, batuan karst, tebing karst maros, tebing karst bantimurung, tempat wisata timur indonesia, wisata timur

Salah satu keunggulan pegunugan karst Bantimurung adalah formasi bebatuan kapurnya yang menjulang ke atas. Formasi setiap bebatuannya ada yang berdiri sendiri maupun berjajar membentuk kelompok pegunungan yang permukaannya datar. Tidak seperti kawasan karst lainnya yang umumnya berbentuk kerucut. Jika Anda melihat sendiri, Anda akan takjub dengan pegunungan batu kapur yang menjulang tinggi bagai menara alam  dengan dinding tekstur indah. Keindahan pegunungan batu ini menjadi surga bagi Anda pecinta panjat tebing.

Diaantara kokohnya pegunungan kapur yang menjulang tinggi, ada pula potensi alam yang tersimpan dan tentu menarik untuk ditelisik. Jika Anda menyukai petualangan, tak ada salahnya mencoba pengalaman menyusuri lorong-lorong goa di kawasan karst ini. Sekiranya terdapat 400 goa yang 89 di antaranya merupakan goa prasejarah peninggalan manusia purba. Goa yang cukup popular dan sering dikunjungi oleh pelajar dan mahasiswa antara lain adalah goa batu dan goa mimpi. Goa-goa tersebut menggambarkan keindahan pahatan alam dengan tekstur dan bentuk yang menakjubkan. Stalaktit, stalakmit, flowstone, helektit, pilar serta sodastrow menempel cantik bagai ukiran dalam galeri. Konon, di dalam goa batu ini tempat dikuburkannya raja Bantimurung.

Anda tidak perlu khawatir jika ingin menikmati keindahan goa lebih dalam lagi, karena pihak pengelola menyediakan juru kunci dan penerangan untuk menemani anda. Untuk bisa menelusuri keindahakan alami di goa Bantimurung, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000 untuk biaya pemandu sebagai penunjuk jalan, sedangkan untuk menyewa senter, Anda akan dimintai bayaran sekitar Rp. 5.000 saja.

Surganya Kupu-kupu

taman nasional bantimurung, kawasan karst bantimurung, air terjun bantimurung, kingdom of butterfly,
Kawasan karst yang mengelilingi wilayah ini menjadikan area bantimurung memiliki kondisi yang lembab, dan ini adalah kondisi yang sangat disukai oleh kupu-kupu. Tak heran jika Anda akan menemukan ratusan spesies kupu-kupu di sini. Bahkan tak jauh dari gundukan bukit dan goa kapur, Anda dapat menikmati keindahan kupu-kupu yang tersimpan rapi di dalam bangunan museum seluas 70 meter persegi. Di dalam bangunan kaca ini, Anda akan menemukan keindahan dari koleksi kupu-kupu yang diawetkan dan tertata rapi dalam etalase kaca. Beragam kupu-kupu berwarna hijau, kuning, biru, cokelat, dan berbagai jenis seperti Papilo androkles dan Papilo Blumei, serta beberapa koleksi dari Papua akan menemani wisata alam Anda di kawasan Bantimurung.


Letak Kawasan Karst Bantimurung

Objek wisata alam pegunungan karst Bantimurung terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, sekitar 50 km kea rah utar dari kota Makassar. Jika ditempuh dengan kendaraan bermotor, Anda akan menghabiskan waktu seitar 1 jam perjalanan.
Advertisement
advertisement
Kawasan Karst Bantimurung, The Spectacular Tower Karst | Hendsg67 | 5

0 comments:

Post a Comment