Berwisata Pantai di Buton

Advertisement
advertisement
Kawasan Indonesia Timur memang sudah tidak diragukan lagi dengan keunggulan pada wisata bahari yang dimiliki secara alami. Raja Ampat, Wakatobi, dan Bunaken menjadi beberapa lokasi destinasi pariwisata unggulan dalam negeri yang sudah mendunia.

Kali ini, Blog Wisata Timur akan mengulas beberapa wisata pantai yang ada di Buton, Sulawesi Tenggara. Buton sudah terkenal akan sumber daya alamnya berupa aspal dan sudah mendunia. Tapi siapa yang tahu, ternyata selain itu, kabupaten yang beribukota Bau-bau ini mempunyai beberapa objek menarik dan bersejarah seperti Bentng Buton, Pantai Nirwana, Pantai Lakeba, Kalampa, Bukit Palatiga, Air Terjun Samparano, Air Terjun Tirta Rimba, Pantai Kokalumba, dan masih banyak lagi.

Berikut sedikit ulasan tentang pantai yang ada di Buton. Yang membuat Anda terkagum-kagum akan keindahan alaminya. Akan terlihat dari kejauhan betapa jernihnya air laut dan pasir putiih di sepanjang pinggir pantai.

Pantai Kamali

kota bau-bau, buton, sulawesi tenggara, indonesia, wisata pantai, indonesia timur
Saat pertamakali sampai di Bau-bau, Anda bisa langsung menikmati keindahan Pantai Kamali yang terletak di tengah kota dan dekat Pelabuhan Murhun. Di pantai ini, kita dapat berenang bebas, serta menyaksikan kehidupan masyarakat setempat yang hilir mudik dengan aktivitasnya masing-masing.

Pada sekeliling area, terdapat taman kota yang digunakan sebagai arena bermain anak, berkumpul dengan teman dan keluarga. Tidak jauh dari Pantai Kamali, kita bisa berkunjung ke Benteng Keraton dan kembali mengagumi keelokan dan keindahan alam yang ada.



Pantai Lakeba

kota bau-bau, buton, sulawesi tenggara, indonesia, wisata pantai, indonesia timur
Untuk mencapai Pantai Lakeba, kita dapat menempuh dengan transportasi darat sejauh kurang lebih 7 km dari Bau-bau. Pantai Lakeba terselimuti pasir putih, air lautnya yang jernih, sehingga cocok untuk berbagai aktivitas seperti berenang, snorkeling, menyelam, berjemur atau hanya sekedar menikmati indahnya matahari terbenam. Disini juga terdapat sebuah resort yang menawarkan paket wisata lengkap dengan penginapan dan restoran yang langsung menghadap ke Pantai Lakeba. Ragam kegiatan permainan air seperti banana boat, jet ski, parasailing dan arena bermain anak bisa Anda nikmati.

Pantai Nirwana

kota bau-bau, buton, sulawesi tenggara, indonesia, wisata pantai, indonesia timur

Berada di tengah Kota Bau-bau, Pantai Nirwana menjadi incaran masyarakat lokal untuk berwisata selama akhir pekan. Panti terlihat ramai dengan anak-anak bersama orang tuanya yang sedang menikmati jernihnya air laut dan keindahan pemandangan sekita. Pantai pasir putih ini memiliki panjang sekitar 4 km  yang menghadap langsung ke laut lepas. Tak hanya bermain-main di pinggir pantai dan berenang, agak mengarah ke tengah laut, kita bisa melakukan kegiatan snorkeling atau menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut dengan ragam biota yang masih asli. Selain Pantai Nirwana menjadi daya tarik wisata pantai dalam kota, lokasi ini juga menjadi tempat budidaya rumput laut bagi petani yang merupakan penduduk setempat.

Tidak jauh dari Pantai Nirwana, terdapat gua dengan permandian air payau sepanjang 50 meter, yang menurut cerita dulunya digunakan sebagai sumber mata air. Masyarakat local menyebut gua tersebut dengan nama Gua Moko. Bisa dicapai sekitar 10 menit berjalan menyusuri pantai dan didalamnya bisa ditemui keindahan yang tak kalah mempesona. Di dasar gua terdapat banyak benda bersejarah berupa keramik.

- Dian Triasari
Advertisement
advertisement
Berwisata Pantai di Buton | Hendsg67 | 5

0 comments:

Post a Comment