Wisata Pulau Komodo: Salah Satu Keajaiban Dunia

Advertisement
advertisement
pulau komodi, nusa tenggara timur, indonesia, wisata timur,
Pulau Komodo yang letaknya di Nusa Tenggara Timur ini merupakan pulau yang terkenal sebagai habitat asli dari hewan komodo. Pulau Komodo diapit oleh dua pulau yaitu Pulau Sumbawa dan juga Pulau Flores. Pulau Komodo, Pulau Rica, dan Pulau Padar merupakan 3 pulau utama yang berada di area Taman Nasional ini. Karena sebagai habitat asli hewan komodo dan memiliki populasi sebanyak 1300 ekor, pulau ini dijadikan sebagai objek wisata. Banyak para wisatawan datang untuk berwisata ke pulau komodo. Ada beberapa tempat wisata pulau komodo yang dapat dikunjungi selain untuk melihat langsung hewan berdarah dingin ini.

Wisata pulau komodo sekarang menjadi salah satu destinasi wisata favorit para turis domestic maupun mancanegara. Popularitas tempat wisata ini menjadi semakin meningkat ketika dinobatkna sebagai salah satu keajaiban beberapa waktu yang lalu.  Untuk dapat berkunjung ke pulau komodo, anda tidak perlu mengkhawatirkan transportasinya. Karena sekarang sudah nenadai. Jika dari luar kota, anda dapat singgah di Labuan Bajo lalu dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun mobil untuk menuju ke pelabuhan. Lalu di sana dapat menyewa kapal agar dapat menuju ke Taman Nasional Komodo. Tariff ojek rata-rata di sana untuk sekali jalan adalah Rp 10.000. Jika ingin menyewa kendaraan selama sehari, akan dikenakan tariff sekitar Ro 300.000 sampai Rp 500.000 untuk mobil dan Rp 25.000 sampai Rp 30.000 untuk motor. Biaya untuk wisata ke pulau komodo memang sedikit lebih mahal, karena bisa menghabiskan kurang lebih Rp 5 juta dan bisa lebih tergantung dari berapa lama berwisata di sana.

Berwisata pulau Komodo tidak perlu mengkhawatirkan masalah sanitasi, karena hampir di semua desa memiiki air bersih. Terkecuali di saat musim kemarau tiba. Karena saat itu air sulit didapatkan. Untuk tariff masuk ke Taman Nasional Pulau Komodo, wisatawan lokal dikenakan trif Rp 2.500 per orang, Dan untuk wisatawan asing dikenakan tariff sebesar Rp 20.000 per orang. Cukup murah memang untuk tariff masuknya, tetapi untuk tariff akomodasi dan lain-lain tergolong mahal.

pulau komodi, nusa tenggara timur, indonesia, wisata timur,

Sebagai salah satu tempat wisata alam favorit di Indonesia, wisata pulau komodo memiliki beragam kekhasan yang berbeda dari kebanyakan tempat wisata manapun. Pulau Komodo memiliki savanna serta keindahan alam di bawah laut. Bagi yang menyukai kegiatan mendaki gunung, di sini adalah tempat yang cocok sekali. Sedangkan yang memiliki hobi berwisata air, di sini juga terdapat tempat untuk memancing, snorkeling, kano, diving, ataupun untuk berkeliling saja sambil naik sampan. Wisata alam pulau komodo memang paling cocok bagi yang menyukai petualangan.

Selain dapat mellihat langsung hewan komodo, di pulau komodo memiliki tempat wisata lainnya yang menarik juga untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Loh Liang. Loh Liang adalah salah satu tempat wisata pulau komodo yang dikelola oleh PT Puti Naga Komodo. Di tempat ini para pengunjung dapat melihat satwa komodo, berbagai jenis burung, babi hutan, rusa, atau bermain kano. Berbeda dengan Pulau Kalong. Pulau Kalong juga tidak kalah menariknya untuk dikunjungi.  Di sini para pengunjung dapat melihat koloni kelelawar yang sangat banyak di sore harinya di mana para kelelawar akan keluar dari sarangnya untuk mencari makan. Selanjutnya ada Pantai Merah. Pantai Merah ini memiliki kedalaman yang dangkal dan juga indah dengan tumbuhnya terumbu karang di bawahnya. Biasanya para pengunjung menikmati pantai ini dengan berjemur atau snorkeling.

Loh Sebita juga merupakan destinasi wisata pulau komodo lainnya yang merupakan daerah mangrove yang cukup menarik untuk melakukan aktivitas trekking atau pengamatan burung.  Untuk yang ingin menikmati pemandangan di pulau komodo, Golo Kode dan Selat Molo destinasi wisata pulau komodo selanjutnya yang tidak kalah menarik. Di Golo Kode dapat melihat keindahan dari panorama dan bentang alamnya yang sangat fantastik. Selat Molo yang memiliki arus deras ini juga bisa dijadikan tempat untuk menikmati alam pulau komodo.
Advertisement
advertisement
Wisata Pulau Komodo: Salah Satu Keajaiban Dunia | Hendsg67 | 5

0 comments:

Post a Comment